Selasa, Juli 22, 2008

Jadi James Bond yuuk...


Banyak dari peserta pameran (exhibitor) yang ketika berpameran berusaha mengumpulkan data-data ataupun analisa tentang kompetitor. Anda pernah memergoki kompetitor anda sedang merekam video atau foto tentang booth anda? Ya, data-data 'intelijen' ini akan mereka kumpulkan dan pelajari untuk memenangkan kompetisi! Fiuh...

Mungkin sepatutnya anda juga melakukan hal serupa.

Akan tetapi seharusnya anda sudah melakukan 'contra-spionase' jauh hari sebelum event itu berlangsung. Petakan kompetisi dengan melihat Floorplan lay-out dari Event Organizer! Lihatlah di dalam peta tersebut siapa saja kompetitor yang berada di dalam hall yang sama dengan booth anda. Kalau anda bisa memetakan kompetitor tentu anda akan lebih mudah dalam men-develope strateg iklan-nya, kan?

Jika ada kompetitor anda yang absen tidak ikut event kali ini (anda tidak melihat daftarnya di dalam peta floorplan, wah ini Missing In Action), maka cobalah kembangkan pertanyaan, 'Why?'. Justru disinilah letak titik crusial kompetisi. Mungkin saja:

1. Kompetitor anda sedang mengalami masalah financial. Thx God, it's the perfect time for you to capitalize!

2. Mungkin saja Event pameran yang akan anda ikuti tersebut diperkirakan akan mengalami kemunduran or setback. Dan anda tidak menyadarinya! Segera lebarkan telinga dan cari tahu kenapa. Seperti iklan rokok, tanya kenapa....?

3. Mungkin kompetitor anda sedang merancang sebuah private event dan berancang-ancang merampok pelanggan anda! Who knows?

Jadi tidak ada salahnya kan bermain-main sebagai James Bond ketika anda merencanakan next event dengan melihat floorplan. Yuuk..., begini tips (nakal)-nya: lakukan anonymous call ke MIA kompetitor(kompetitor yang tidak ada di peta floorplan). Semakin banyak data yang anda dapat, semakin mudah anda mengolah strateginya.

So, tunggu apalagi... Jadilah James Bond di awal perencanaan event. Ketika nanti saat event berlangsung dan kompetitor anda menjadi agen-foto, anda bisa ikutan mejeng tertawa cerah sambil acungkan jari: peace...,ah!

Jadi teringat sama tetangga jepang saya yang suka bilang; business is war. Wah..., wah... Mendingan ngobrol sama anak saya yang setiap kali bingung ditanya, selalu menjawab: auk ah, gelap....

1 komentar:

  1. Bud, Artikel-artikel kamu saya muat di ThExhibits.com ya. Sekalian mau minta kamu untuk jadi Kontributor di ThExhibits. Bisa ya..

    BalasHapus

Silahkan beri komentar, kesan dan pesan anda asalkan jangan spam, porno atau SARA. Maaf apabila di delete komentar anda jika melanggarnya. Terimakasih