Lantas hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi booth pameran? Sedikit panduan dibawah ini mungkin bisa membantu:
1. Traffic pattern.
Tandailah dalam peta layout pameran volume traffic pengunjung terbesar dari arah mana. Lakukan study kecil berdasar pengalaman event yang telah dilakukan. Bisa dipastikan, bahwa traffic pengunjung di tahun depan masih akan memiliki pola yang sama. Lanjutkan dengan menandai peta layout tersebut area-area lainnya, semisal lounge, restaurant, exit-door, restroom, dan lain-lainya. Juga jangan lupa beri marking dengan warna lain di peta layout anda, apabila diperkirakan terjadi problem hambatan terhadap traffic, semisal kolom gedung, loading dock door, area kosong hall yang tidak terpakai (empty dead space).
2. Competitor's booth.
Mungkin ada sebagian dari anda yang memperdebatkan, bahwa lokasi yang berdekatan atau malah side-by-side terhadap kompetitor kurang menguntungkan. Yang bisa disarankan: jadikan 'kedekatan' itu sebagai keuntungan. Kenapa? Karena inilah kesempatan anda untuk menunjukkan kelebihan produk anda terhadap kompetitor. Mungkin saja produk anda sedikit lebih mahal, akan tetapi lebih bisa dipercaya, kualitas yang lebih baik, waktu produksi yang lebih singkat, after sales service yang bisa dibanggakan, atau lain-lain hal. Saya yakin anda pasti punya daftar yang panjang tentang 'peta' kekuatan produk anda. Jadi siapa takut....?
3. High Identify.
Pilihlah lokasi booth yang bisa memberi keleluasaan pandangan. Tentu kita berharap bahwa booth anda bisa terlihat dari semua arah traffic pengunjung, bukan? Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan agar booth terlihat dari semua arah apabila lokasi booth anda strategis. Misalnya dengan menggantung signage atau logo pada canopi atau struktur yang tinggi. Ambil rujukan pada batasan tinggi ceiling convention hall, atau aturan yang diberlakukan oleh event organizer pada buku manual mereka. Biasanya beda lokasi memiliki beda aturan batasan ketinggian pula.
Nah, rasanya ketiga hal diatas cukup sebagai dasar untuk merencanakan next event anda. Lain kali saya akan coba untuk menulis yang lebih lengkap lagi.
Oh ya, di event Indonesian International Motor show 2008 ini, DisainKaMI kebetulan membantu 2 exhibitors secara tidak langsung karena melalui perantara agency. Yang pertama adalah AUDI. Jika anda sempat datang ke pameran dan memperhatikan booth AUDI, maka seperti inilah designnya:
DisainKaMI juga membantu salah satu agency mendeveloped konsep acara untuk booth Daihatsu di event itu. Sayang sekali bahwa design yang diajukan memang hanya untuk supporting konsep, jadi bukan untuk booth design nya. Konsep acara hiburannya sendiri cukup unik, yaitu dengan melakukan atraksi tarian sambil bergelantungan. Mungkin ini yang pertama kali dilakukan di Indonesia, walaupun ide aslinya mencontek dari barat. Nama atraksinya dikenal sebagai Legs on The Wall.
Bagi anda yang tidak sempat menyaksikan atraksi Legs on The Walls dibooth Daihatsu, seperti inilah videonya:
Legs on The Walls
Wah keren nih, baru saya liat ada blog tentang Exhibition berbahasa indonesia, apalagi ada Tips & Tricks buat exhibition designer
BalasHapusSalam hangat,
BalasHapusKami dari PINBOO Bandung,
bergerak dibidang aksesoris pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci).
produksi pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci),
kapasitas produksi 5.000.000 pcs per bulan utk pin bulat.
5000.000 pcs per bulan utk gantungan kunci 2 muka.
Apabila perusahaan bpk/ibu memerlukan merchandise menunjang kegiatan perusahaan bpk/ibu dalam melakukan branding ataupun event-event tertentu. Kami dapat membantu bpk/ibu dengan baik dan cepat..
Terimakasih
http://www.pinboo.org
Terimakasih