Senin, Juli 21, 2008

Memilih Lokasi booth pameran

Pesta akbar pameran automotive Indonesian International Motor Show 2008 baru saja selesai. Tentu banyak yang bisa anda dapatkan sebagai review untuk next event pameran anda. Salah satu yang cukup penting dalam perencanaan awal adalah memilih lokasi pameran. Walau pun event berikutnya masih satu tahun di depan, tidak ada salahnya bagi anda untuk mulai meminta informasi dari event organizer tentang lokasi pameran. Biasanya EventOrganizer telah memiliki draft layout pameran untuk event mereka berikutnya 1 tahun di depan. Sebagai pendaftar pertama, tentu anda akan mendapat keleluasaan untuk memilih lokasi pameran. Dan jangan lupa diskon earlybird biasanya cukup lumayan untuk menghemat budget. Jadi tunggu apalagi, segera booking untuk next event pameran.... hehehe.

Lantas hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi booth pameran? Sedikit panduan dibawah ini mungkin bisa membantu:

1. Traffic pattern.
Tandailah dalam peta layout pameran volume traffic pengunjung terbesar dari arah mana. Lakukan study kecil berdasar pengalaman event yang telah dilakukan. Bisa dipastikan, bahwa traffic pengunjung di tahun depan masih akan memiliki pola yang sama. Lanjutkan dengan menandai peta layout tersebut area-area lainnya, semisal lounge, restaurant, exit-door, restroom, dan lain-lainya. Juga jangan lupa beri marking dengan warna lain di peta layout anda, apabila diperkirakan terjadi problem hambatan terhadap traffic, semisal kolom gedung, loading dock door, area kosong hall yang tidak terpakai (empty dead space).

2. Competitor's booth.
Mungkin ada sebagian dari anda yang memperdebatkan, bahwa lokasi yang berdekatan atau malah side-by-side terhadap kompetitor kurang menguntungkan. Yang bisa disarankan: jadikan 'kedekatan' itu sebagai keuntungan. Kenapa? Karena inilah kesempatan anda untuk menunjukkan kelebihan produk anda terhadap kompetitor. Mungkin saja produk anda sedikit lebih mahal, akan tetapi lebih bisa dipercaya, kualitas yang lebih baik, waktu produksi yang lebih singkat, after sales service yang bisa dibanggakan, atau lain-lain hal. Saya yakin anda pasti punya daftar yang panjang tentang 'peta' kekuatan produk anda. Jadi siapa takut....?

3. High Identify.
Pilihlah lokasi booth yang bisa memberi keleluasaan pandangan. Tentu kita berharap bahwa booth anda bisa terlihat dari semua arah traffic pengunjung, bukan? Ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan agar booth terlihat dari semua arah apabila lokasi booth anda strategis. Misalnya dengan menggantung signage atau logo pada canopi atau struktur yang tinggi. Ambil rujukan pada batasan tinggi ceiling convention hall, atau aturan yang diberlakukan oleh event organizer pada buku manual mereka. Biasanya beda lokasi memiliki beda aturan batasan ketinggian pula.

Nah, rasanya ketiga hal diatas cukup sebagai dasar untuk merencanakan next event anda. Lain kali saya akan coba untuk menulis yang lebih lengkap lagi.

Oh ya, di event Indonesian International Motor show 2008 ini, DisainKaMI kebetulan membantu 2 exhibitors secara tidak langsung karena melalui perantara agency. Yang pertama adalah AUDI. Jika anda sempat datang ke pameran dan memperhatikan booth AUDI, maka seperti inilah designnya:

AUDI booth di IIMS 2008

AUDI booth di IIMS 2008

DisainKaMI juga membantu salah satu agency mendeveloped konsep acara untuk booth Daihatsu di event itu. Sayang sekali bahwa design yang diajukan memang hanya untuk supporting konsep, jadi bukan untuk booth design nya. Konsep acara hiburannya sendiri cukup unik, yaitu dengan melakukan atraksi tarian sambil bergelantungan. Mungkin ini yang pertama kali dilakukan di Indonesia, walaupun ide aslinya mencontek dari barat. Nama atraksinya dikenal sebagai Legs on The Wall.

Proposed design for Daihatsu at IIMS 2008

Proposed design for Daihatsu at IIMS 2008

Bagi anda yang tidak sempat menyaksikan atraksi Legs on The Walls dibooth Daihatsu, seperti inilah videonya:



Legs on The Walls

2 komentar:

  1. Wah keren nih, baru saya liat ada blog tentang Exhibition berbahasa indonesia, apalagi ada Tips & Tricks buat exhibition designer

    BalasHapus
  2. Salam hangat,
    Kami dari PINBOO Bandung,
    bergerak dibidang aksesoris pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci).
    produksi pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci),
    kapasitas produksi 5.000.000 pcs per bulan utk pin bulat.
    5000.000 pcs per bulan utk gantungan kunci 2 muka.
    Apabila perusahaan bpk/ibu memerlukan merchandise menunjang kegiatan perusahaan bpk/ibu dalam melakukan branding ataupun event-event tertentu. Kami dapat membantu bpk/ibu dengan baik dan cepat..
    Terimakasih
    http://www.pinboo.org
    Terimakasih

    BalasHapus

Silahkan beri komentar, kesan dan pesan anda asalkan jangan spam, porno atau SARA. Maaf apabila di delete komentar anda jika melanggarnya. Terimakasih