Pernah seorang member milis marketing mem-post-kan keluhannya tentang mahalnya biaya yang harus dikeluarkan jika setiap kali TIP ('terpaksa-ikut-pameran') demi menjaga brand awareness. Barangkali tips dibawah ini bisa membantu, apakah ke'terpaksaan-ikut-pameran' itu berbuah hasil atau selayaknya stop-sampai-sini saja. Semoga bisa membantu...
Tips pameran kali ini saya terjemahkan dari Marc Goldberg, CME, Partner and Founder Marketech Inc., Westboro, MA. Sebuah perusahaan konsultan pelatihan dan pengukuran pameran dan event di Amerika.
Keberhasilan harus diukur
Peningkatan keberhasilan pameran/event dimulai dari pengukuran return on investment (ROI). Jangan biarkan keterbatasan waktu, dana atau pengetahuan tentang teknik pengukuran menghambat anda mengevaluasi usaha yang telah dilakukan. Selain nantinya anda akan temukan suatu strategi untuk meningkatkan program acara, juga sekumpulan data yang bisa membantu anda mengembangkan program acara di iklim kompetitif sekarang ini.
Agar efektif, ROI anda harus terukur dengan:
1. Ukur dan pahamilah potensial pengunjung pameran/event
2. Identifikasikan kekuatan dan kelemahan dari program pameran/event anda.
3. Ukurlah peningkatan yang ada berbanding dengan objective/goals.
4. Tentukan tolok ukur nilai (benchmark) keberhasilan anda untuk menggambarkan perbandingan.
5. Pergunakan terus nilai ukuran standar tersebut secara konsisten dari event ke event dalam skala waktu.
Selasa, Juli 22, 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan beri komentar, kesan dan pesan anda asalkan jangan spam, porno atau SARA. Maaf apabila di delete komentar anda jika melanggarnya. Terimakasih